Sabtu, 29 Juli 2017

Kebutuhan dan Spesifikasi Komputer Server

Image result for kebutuhan dan spesifikasi komputer server
Komputer Server adalah sebuah perangkat komputer yang memiliki resource atau spesifikasi yang tinggi yang ditugaskan sebagai pusat atau induk dalam sebuah jaringan komputer yang berfungsi untuk melayani komputer – komputer client yang terdapat pada jaringan komputer tersebut, baik hanya pada sebuah jaringan intranet maupun pada jaringan internet.

Jenis Komputer Server:

1. Server Aplikasi
Server aplikasi adalah sebuah komputer server yang bertugas sebagai media penyimpanan aplikasi – aplikasi dimana aplikasi tersebut nantinya dapat diakses dari komputer client pada sebuah jaringan komputer.
2. Database Server
Database server adalah sebuah komputer server dengan sistem operasi server yang bertugas untuk menyediakan layanan pengelolaan basis data untuk komputer lainnya yang menerapkan sebuah model database berbasis client-server.
3. Mail Server
Mail server atau yang sering disebut juga emial server adalah sebuah komputer server yang didedikasikan untuk menjalankan aplikasi atau perangkat lunak mail server sehingga memungkinkan pengguna/user untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik atau email satu sama lain dalam suatu jaringan komputer melalui internet. 
4. Web Server
Web Server atau dalam bahasa indonesia disebut server web adalah sebuah komputer server dengan perangkat lunak (software) yang berjalan dibawah sistem operasi server berfungsi untuk menerima permintaan (request) melalui protokol HTTP atau HTTPS berupa halaman web dari client.
5. File Server
File server adalah sebuah komputer server yang memberikan layanan untuk menyediakan penyimpanan data secara terpusat kemudian memberikan akses bersama kepada setiap komputer/workstation pada sebuah jaringan komputer.
6. Proxy Server
Proxy server adalah sebuah komputer server yang berfungsi untuk menjembatani atau yang mempunyai peran sebagai penghubung setiap workstation yang terdapat pada jaringan lokal dengan jaringan internet.
7.VPS Server
VPS (Virtual Private Server) adalah komputer server yang memungkinkan sebuah physical server yang berjalan dibawah sistem virtualisasi dibagi menjadi beberapa mesin virtual.
8. Cloud Server
Cloud Server adalah sebuah teknologi komputer server terbaru saat ini yang memungkinkan beberapa server dijadikan “satu” yang berfungsi sebagai penyimpanan (storage virtual) dan beberapa server lain (Host) dijadikan “satu” yang berfungsi sebagai computing node (CPU virtual).

Kebutuhan Minimal Server

Komputer  Server, suatu komputer yang menjadi pengelola dan pusat bagi komputer lainnya. Karena berfungsi sebagai pusat, minimal sebuah server harus mempunyai beberapa karakter yang lebih dibandingkan dengan komputer yang terhubung kedalam suatu jaringan. Keseluruhan komputer yang terhubung ke server dalam jaringan disebut sebagai Workstation. Hampir semua jenis computer dapat digunakan sebagai computer workstation.

 Terdapat 1 buah server. Spesifikasi :
  1. Prosesor minimal 3,5 Hetz
  2. VGA minimal 256 MB.
  3. RAM minimal 1 GB.
  4. Hardisk minimal 40 GB.
  5. NIC (Network Interface Card)/LAN Card
Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar